Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 'Swara Satriya" Kalurahan Wahyuharjo

29 Agustus 2024 09:06:30  Admin Kalurahan  19 Kali Dibaca  Berita Lokal

Undang-Undang 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik semakin telah mendorong pentingnya kehadiran Kelompok Informasi Masyarakat  (KIM) sebagai media pelayan informasi. Berbanding lurus dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi,  kesadaran masyarakat untuk memperoleh pengetahuan melalui penggunaan dan pemanfaatan teknologi komunikasi dan informasi pun semakin tinggi.  Di Wahyuharjo, Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) dibentuk melalui Keputusan Lurah Wahyuharjo Nomor 25 Tahun 2021 tentang Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakat “Swara Satriya” Kalurahan Wahyuharjo. KIM Swara Satriya sendiri dibentuk oleh, dari, dan untuk masyarakat secara mandiri dan kreatif yang aktivitasnya melakukan pengelolaan informasi dan pemberdayaan masyarakat.

Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ) Kalurahan Wahyuharjo yang menamakan diri ‘Swara Satriya’ berisikan orang-orang yang sejak sebelumnya cukup aktif berkontrbusi bagi penggalian dan penyebaran informasi di kalurahan meskipun belum terorganisir. Dalam perjalanannya, setelah dibentuk KIM Swara Satriya Kalurahan Wahyuharjo informasi kepada masyarakat luas menjadi lebih tersebar dengan optimal. Selain pengelolaan informasi dilakukan oleh anggota, KIM Swara Satriya Kalurahan Wahyuharjo juga bekerja sama dengan Pemerintah Kalurahan Wahyuharjo dan lembaga yang ada di kalurahan diantaranya Lembaga Kemasyarakatan Kalurahan (RT, RW, LPMKal, Posyandu, PKK, Karang Taruna), lembaga/kelompok lain di kalurahan (TPK Sistem Inormasi Kalurahan/website kalurahan, Kelompok Tani, Kelompok Difabel, Jagawarga, Linmas, BPKal, Kelompok seni budaya dan lain-lain), Dinas Instansi supra kalurahan untuk koordinasi dan pembinaan (Dinas Kominfo Kulon Progo, Kapanewon Lendah, dan lainnya). Kerjasama tersebut terjadi secara 2 arah, yakni KIM Swara Satriya Kalurahan Wahyuharjo adakalanya memberika informasi untuk lembaga/masyarakat dan adakalanya mendapatkan informasi dari lembaga/masyarakat untuk disebarluaskan. Terkait dengan website kalurahan, KIM Swara Satriya Kalurahan Wahyuharjo menjadi salah satu kontributor utama berita-berita di kawasan Wahyuharjo.

Visi Misi Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 'Swara Satriya" Kalurahan Wahyuharjo

  1. Visi: Terwujudnya manyarakat informatif,berdaya, cerdas, trampil, mandiri, berkepribadian luhur dan produktif yang dapat meningkatkan kemajuan, kesejahteraan serta keharmonisan.
  2. Misi: Mengembangkan, memberdayakan, memfasilitasi pelayanan informasi dan  komunikasiantara pemerintah dan masyarakat, antar masyarakat dan lingkungannya, secara timbal balik, berkesinambungan dalam upaya meningkatkan kesejahteraannya.

Video profil singkat tentang Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) 'Swara Satriya" Kalurahan Wahyuharjo dapat dilihat di Chanel Youtube Pemerintah Kalurahan Wahyuharjo https://youtu.be/mhATlbTE5DQ?si=dfFPd4yECc6kZG_D

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:72
    Kemarin:672
    Total Pengunjung:647.939
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.60.148
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 97.229 Kali
Pemerintah Kalurahan
04 Maret 2019 | 97.143 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 97.010 Kali
Sejarah Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.912 Kali
Maklumat pelayanan PPID Kalurahan Wahyuharjo
08 Juli 2019 | 96.862 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 96.819 Kali
Dasar Hukum PPID Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.790 Kali
Permohonan Informasi

Statistik SID