Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

Kemeriahan Merti Padukuhan Sungapan Kidul Usung Tema Generasi Milenial Tradisional

21 Juni 2023 15:14:58  Admin Kalurahan  326 Kali Dibaca  Berita Lokal

Merti Padukuhan Sungapan Kidul dilaksanakan pada Minggu (18/6/2023) dengan satu hari sebelumnya telah melaksanakan giat gotong royong yang diikuti oleh seluruh masyarakat. Pelaksanaan Merti Padukuhan ini mendapatkan respon positif, dukungan serta kontribusi masyarakat, terlebih setiap RT yang telah mempersiapkan acara ini dengan baik.

Tema Merti yang diusung oleh Padukuhan Sungapan Kidul kali ini yaitu “Generasi Milenial Tradisional”. Makna dari tema tersebut yaitu, diharapkan di era milenial ini kita tetap dapat melestarikan serta mengembangkan budaya tradisional yang kita miliki tanpa mengesampingkan perkembangan teknologi. Sehingga kita dapat bijak dalam menanggapi perkembangan teknologi untuk semakin menebarkan minat tradisi dan budaya masyarakat.

Hari H Pelaksanaan Merti Padukuhan Sungapan Kidul dimulai dengan Kirab Budaya dengan start di Rumah Bapak Dukuh Sungapan Kidul, dengan rombongan Kirab Budaya paling depan yakni Pemegang banner, Rombongan Tari, diikuti rombongan setiap RT dari lansia sampai anak-anak dengan memakai atribut jawa dan membawa gunungan, tumpeng, ingkung serta atribut lain. Rombongan Kirab Finish di Halaman Eks SD Impress Wahyuharjo dan duduk berjajar menggunakan tikar.

Pada Merti Padukuhan kali ini juga dimeriahkan penampilan tari oleh ibu-ibu, remaja maupun anak-anak. Dimana ibu-ibu menapilkan tarian gugur gunung, remaja menapilkan tari kreasi dan tari tradisional serta anak-anak yang menampilkan tari dengan lagu dolanan. Dan siangnya juga ada penampilan seni jathilan dan gedrug.

Bukan hanya hiburan saja, pada kegiatan merti padukuhan sungapan kidul juga terdapat kegiatan Umbul Donga yang dipimpin oleh H.Diyono dan dilanjutkan kembul bujana oleh semua masyarakat padukuhan sungapan kidul yang hadir serta tamu undangan.

Tamu undangan yang hadir pada kegiatan merti Padukuhan Sungapan Kidul ini yakni dari Dinas Kebudayaan, Panewu Lendah, Pamong Kalurahan Wahyuharjo, Babinsa dan Babinkamtibmas Wahyuharjo.

Dalam Sambutannya, Dinas Kebudayaan Kabupaten Kulon Progo menyampaikan bahwa pelaksanaan Merti Padukuhan ini didanai oleh Dana Keistimewaan Yogyakarta. Beliau juga menyampaikan rasa terimakasihnya karena pada kegiatan merti padukuhan di Sungapan Kidul ini berjalan dengan baik serta meriah, karena seluruh lapisan masyarakat dapat turut serta hadir dan berkontribusi.

Disamping itu, tujuan diadakannya merti padukuhan ini selain untuk melestariakan budaya, juga merupakan salah satu wujud syukur kita kepada tuhan.

Semoga kedepannya kegiatan yang melibatkan seluruh masyarakat ini dapat tetap terjaga dan dapat lebih terjalin lagi kekompakan terkhusus di Padukuhan Sungapan Kidul dan Masyarakat Wahyuharjo (amr)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:249
    Kemarin:828
    Total Pengunjung:498.335
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.221.129.19
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 97.036 Kali
Pemerintah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.948 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.836 Kali
Sejarah Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.732 Kali
Maklumat pelayanan PPID Kalurahan Wahyuharjo
08 Juli 2019 | 96.721 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 96.669 Kali
Dasar Hukum PPID Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.652 Kali
Daftar Informasi Publik

Statistik SID