Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

Tim Penilai Lomba LPMK Tingkat Kabupaten Kunjungi LPMK Wahyuharjo

16 Juni 2022 21:19:10  Admin Kalurahan  305 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada bulan Mei lalu, LPMK Wahyuharjo mewakili Kapanewon Lendah bersama dengan 11 kalurahan lainnya yang mewakili masing-masing kapanewon telah bersaing dalam lomba LPMK tingkat Kabupaten Kulon Progo tahun 2022 pada tahap administrasi. Berdasarkan hasil penilaian administrasi terpilih 3 kalurahan terbaik yang akan maju pada tahap selanjutnya yaitu verifikasi lapangan dan akan dikunjungi oleh tim verifikasi. LPMK Wahyuharjo merupakan salah satunya, sehingga pada Rabu (15/06/2022) lalu tim verifikasi mengunjungi LPMK Wahyuharjo. 

 

Tidak hanya dihadiri oleh pemerintah kalurahan, anggota LPMK, dan tim verifikasi, tetapi kegiatan verifikasi lapangan ini dihadiri pula oleh Kapanewon Lendah, BPK Wahyuharjo, dan Perwakilan LKK Wahyuharjo. Dimeriahkan pula oleh penari cilik, grup senam ibu-ibu Sungapan V tangguh, kelompok karawitan Wahyu Laras, KUBE eco print Wahyuharjo, dan bazar dari masing-masing padukuhan di Wahyuharjo.

 

Bertempat di Kalurahan Wahyuharjo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I.Yogyakarta, tim verifikasi datang dengan disambut oleh penari cilik dan pengalungan kain eco print karya KUBE eco print Wahyuharjo. Penyambutan dilanjutkan dengan yel-yel LPMK dan senam kreasi oleh senam ibu-ibu Sungapan V tangguh. Selanjutnya, diiringi dengan gamelan yang ditabuh oleh kelompok pengrawit Wahyu Laras, tim verifikasi memasuki ruangan dan dilanjutkan dengan pembukaan acara verifikasi lapangan lomba LPMK tingkat kabupaten. 

 

Berbagai penyambutan yang telah dipersiapkan oleh LPMK Wahyuharjo merupakan salah satu bentuk bukti nyata LPMK dalam berkegiatan di wilayah Kalurahan Wahyuharjo. Susilo Ari Wibowo, S.E., M.M. ketua tim verifikasi, dalam sambutannya mengatakan bahwa LPMK tidak hanya berfokus pada pembangunan saja, tetapi disegala aspek yang ada di wilayahnya.

 

Dalam acara verifikasi lapangan lomba LPMK tingkat kabupaten, ketua LPMK Wahyuharjo Marwanto, S.Sos., M.Si. mempresentasikan LPMK Wahyuharjo. Beliau memaparkan bahwa LPMK Wahyuharjo telah bersinergi dengan berbagai elemen yang ada di wilayah Kalurahan Wahyuharjo. Tidak hanya dengan Pemerintah Kalurahan, tetapi dengan BPK, LKK, masyarakat, dan berbagai pihak, LPMK telah menunjukkan keterlibatannya. Hal tersebut dapat dilihat secara nyata pada saat penyambutan. LPMK Wahyuharjo telah menghadirkan beberapa kelompok-kelompok yang diinisiasi oleh LPMK, antara lain penari cilik, grup senam ibu-ibu Sungapan V tangguh, dan kelompok karawitan Wahyu Laras yang ada dibawah naungan LPMK Wahyuharjo seksi pemuda, olahraga, dan kesenian. Selain itu, turut memeriahkan KUBE eco print Wahyuharjo dan bazar dari masing-masing padukuhan sebagai salah satu pemberdayaan ekonomi yang didukung oleh LPMK Wahyuharjo khususnya seksi pemberdayaan ekonomi kerakyatan.

 

Dalam verifikasi lapangan lomba LPMK, tim verifikasi mengunjungi sekretariat LPMK untuk mengecek kelengkapan administrasi dan data dinding LPMK. Selain itu, kunjungan lapangan juga dilakukan di proyek pembangunan irigasi blok 9. Pembangunan irigasi blok 9 juga merupakan salah satu pembangunan fisik yang dikoordinatori oleh anggota LPMK Wahyuharjo khususnya seksi pembangunan dan penataan fisik. 

 

Tidak lupa, LPMK Wahyuharjo juga memaparkan inovasi yang telah dilakukan. Pertama, inovasi pertemuan kelembagaan yaitu LPMK membentuk grup WhatsApp sebagai sarana komunikasi dan koordinasi selama pandemi covid-19 melanda, dikarenakan pertemuan langsung dibatasi. Kedua, inovasi gardu ronda yaitu LPMK Wahyuharjo menginisiasi pengadaan gardu ronda panggung yang dapat dipindahkan, sebagai solusi apabila terdapat sengketa tanah tempat berdirinya gardu ronda. Ketiga, inovasi transparansi, sosilisasi, dan publikasi yaitu LPMK Wahyuharjo menjadi salah satu kontributor berita website, facebook, dan instagram Kalurahan Wahyuharjo. Keempat, inovasi pengelolaan sampah yaitu LPMK Wahyuharjo menjadi pelopor berdirinya bank sampah Getas Berseri Wahyuharjo. Kelima, inovasi kelompok usaha bersama yaitu LPMK Wahyuharjo menginisiasi kegiatan pelatihan eco print di Wahyuharjo yang akhirnya terbentuk KUBE eco print Wahyuharjo.

 

Di akhir acara tim verifikasi memberikan evaluasi dan kesan pesannya terhadap LPMK Wahyuharjo. "Harapannya dengan adanya evaluasi ini menjadi semangat untuk LPMK Wahyuharjo khususnya dan LPMK di Kabupaten Kulon Progo pada umumnya untuk terus maju membangun wilayahnya." ungkap Susilo Ari Wibowo, S.E., M.M. (ptn)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:397
    Kemarin:540
    Total Pengunjung:494.838
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.133.159.224
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 97.035 Kali
Pemerintah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.947 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.834 Kali
Sejarah Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.731 Kali
Maklumat pelayanan PPID Kalurahan Wahyuharjo
08 Juli 2019 | 96.719 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 96.668 Kali
Dasar Hukum PPID Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.649 Kali
Daftar Informasi Publik

Statistik SID