Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

REMBUG STUNTING SEBAGAI LANGKAH PENURUNAN STUNTING

19 Mei 2022 09:54:28  Admin Kalurahan  373 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada hari Rabu (18/05/2022) Kalurahan Wahyuharjo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D. I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan rembug stunting. Rembug stunting dilaksanakan setiap tahunnya dengan menggunakan anggaran APBKal sebagai langkah penurunan stunting di Kalurahan Wahyuharjo. Rembug stunting merupakan salah satu forum untuk memusyawarahkan pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di kalurahan khususnya masalah stunting.

Kegiatan rembug stunting dilaksanakan di Kalurahan Wahyuharjo dan dihadiri oleh lurah dan pamong Kalurahan Wahyuharjo, Panewu Lendah, Pendamping Kalurahan, PLKB Kapanewon Lendah, Puskesmas Lendah I, dan Kader Kesehatan Kalurahan. Dalam kegiatan ini disampaikan materi oleh Pendamping Kalurahan, Puskesmas Lendah I, dan PLKB Kapanewon Lendah, serta dilanjutkan dengan musyawarah.

Panewu Lendah dalam sambutannya menyampaikan bahwa di Kabupaten Kulon Progo angka stunting semakin berkurang. Harapannya generasi yang akan datang memiliki tinggi dan berat badan yang normal serta sehat. Peran orang tua juga sangat dibutuhkan dalam pencegahan stunting pada anak. Selain itu, kader kesehatan dan semua pihak juga perlu turut serta membantu dalam mencegah dan menangani masalah stunting ini.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuhpada balita akibat kurangnya gizi kronis dan berkala. Penyebabnya bisa dari konsumsi makanan, pola asuh, serta pelayanan kesehatan ibu dan anak. Salah satu solusi pencegahan dan penanganannya yaitu dengan melakukan validasi data rutin dan crosscheck alasan stunting agar dapat dicari pencegahan dan penanganan yang sesuai.

Dalam rembug stunting ini juga dilakukan musyawarah usulan konvergensi dan penanganan stunting untuk tahun anggaran 2023 mendatang. Musyawarah juga memutuskan delegasi untuk hadir dalam musyawarah kalurahan penyusunan RKPKal tahun 2023 mendatang. Perwakilan delegasi dari rembug stunting diputuskan 2 orang dari KPM. (ptn)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:875
    Kemarin:491
    Total Pengunjung:490.386
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:13.59.234.226
    Browser:Mozilla 5.0

Statistik SID