Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) CEGAH PENYAKIT DBD

06 Mei 2024 14:34:52  Admin Kalurahan  168 Kali Dibaca  Berita Lokal

Kader Kesehatan Kalurahan Wahyuharjo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, daerah Istimewa Yogyakarta melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) pada Jumat (3/5/2024) lalu. Kegiatan PSN merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Wahyuharjo dengan menggunakan Dana Desa. Kegiatan ini dilaksanakan selama empat kali per tiga bulan sekali pada tahun 2024 ini.

Tujuan dari PSN ini yaitu untuk memastikan tidak ada sarang nyamuk di wilayah Kalurahan Wahyuharjo yang dapat menjadi sarang nyamuk berbahaya seperti nyamuk aedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah. Selain itu, PSN ini bertujuan juga untuk mengajak masyarakat menerapkan 3M Plus sehingga masyarakat dapat terbebas dari jentik nyamuk demam berdarah. 3M antara lain: menguras tempat penampungan air, menutup tempat-tempat penampungan air, dan mendaur ulang berbagai barang yang memiliki potensi untuk dijadikan tempat berkembang biak nyamuk. Sementara plus yaitu antara lain: menanam tanaman yang dapat menangkal nyamuk, memeriksa tempat-tempat yang digunakan untuk penampungan air, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela dan ventilasi yang ada di rumah, melakukan gotong royong untuk membersihkan lingkungan secara bersama, meletakkan pakaian yang telah digunakan dalam wadah yang tertutup, memberikan larvasida pada penampungan air yang susah untuk dikuras, dan memperbaiki saluran dan talang air yang tidak lancar.

“Kegiatan PSN ini merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kalurahan Wahyuharjo sebagai bentuk pencegahan penyakit demam berdarah di wilayah Kalurahan Wahyuharjo.” jelas Muslich Nurhasani, S.Pt. selaku Kamituwa Kalurahan Wahyuharjo.

PSN merupakan kegiatan prioritas Dana Desa di bidang kesehatan. Kegiatan ini juga menjadi salah satu kegiatan unggulan kader kesehatan sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat, serta terhindar dari sarang nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

“PSN juga merupakan kegiatan rutin yang didanai oleh Dana Desa sebagai kegiatan prioritas di bidang kesehatan. Harapannya dengan dilaksanakannya PSN secara rutin, wilayah Kalurahan Wahyuharjo dapat etrbebas dari penyakit demam berdarah.” lanjut Muslich Nurhasani, S.Pt. (ptn)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.847
    Kemarin:957
    Total Pengunjung:593.035
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.218.84.153
    Browser:Mozilla 5.0

Arsip Artikel

Statistik SID