Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

MENGENAL LEBIH DEKAT SOSOK NGALIMAN, LURAH WAHYUHARJO

18 Desember 2021 11:58:42  Administrator  544 Kali Dibaca  Berita Lokal

Mari mengenal lebih dekat sosok seorang Ngaliman, Lurah Kalurahan Wahyuharjo, Kapanewon Lendah, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi D.I.Yogyakarta. Ngaliman merupakan lurah terpilih pada pemilihan lurah pada tanggal 24 Oktober 2021 dan baru saja dilantik oleh Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo pada tanggal 30 November 2021 lalu.

Ngaliman lahir di Kulon Progo pada tanggal 8 Mei 1971. Saat ini tinggal bersama istri dan 3 anaknya di Sungapan IV Rt.015 Rw.007, Wahyuharjo, Lendah, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta. Ngaliman memiliki latar belakang yang cukup menarik. Ngaliman adalah seorang lulusan SMA pada tahun 1990. Menariknya Ngaliman merupakan lulusan SMA N 1 Wates, dimana SMA tersebut merupakan SMA terfavorit di Kabupaten Kulon Progo dari dulu hingga saat ini. Setelah lulus SMA Ngaliman melanjutkan pendidikannya ke pondok pesantren. Tidak tanggung-tanggung, perlu waktu 10 tahun untuk Ngaliman menyelesaikan pendidikannya di bidang keagamaan. Selama 10 tahun (1992-2002) Ngaliman berdomisili di Kabupaten Bantul, D.I. Yogtakarta, tepatnya di Pondok Pesantren Salaf Al Anwar, Ngrukem, Pendowoharjo, Sewon, Bantul. Pondok pesantren tersebut merupakan asrama perguruan Islam salaf yang bertujuan untuk menciptakan santri-santri/ulama-ulama muda yang berbakat dengan pemahaman dan pengetahuan mengenai isi/kandungan kitab suci Al Quran dan Hadist.

Setelah selesai dengan pendidikannya di pondok pesantren, Ngaliman kembali ke Wahyuharjo dan menerapkan ilmu yang diperolehnya selama menjadi santri di kehidupan sehari-hari dan masyarakat. Sebelum menjadi lurah, Ngaliman memiliki kesibukan di bidang pendidikan agama seperti TPA, pertanian, pertukangan, perdagangan, dan pengairan. Berlatar belakang sebagai seorang petani dan santri, Ngaliman dikenal dengan sosok yang ramah, supel, dan religius. Ngaliman sangat mudah bergaul dengan masyarakat dari semua kalangan. Berkat pengalamannya menjadi santri menjadikannya sosok yang religius dan bersahaja. Tak sedikit masyarakat yang menjadikannya tokoh yang patut dihormati dan disegani. Berkat jiwa sosial dan kemasyarakatannya yang tinggi, akhirnya banyak masyarakat yang mendukungnya untuk mencalonkan diri sebagai Lurah Wahyuharjo.

Sebelumnya Ngaliman pernah menjabat sebagai Badan Permusywaratan Desa (BPD) selama dua periode. Periode pertama pada tahun 2008 – 2014 dan periode kedua tahun 2014 – 2020. Akan tetapi pada periode kedua hanya menjabat selama 1 tahun karena Ngaliman mencalonkan diri sebagai Lurah Wahyuharjo pada pemilihan lurah tahun 2015. Saat itu ada 4 orang yang mencalonkan diri, termasuk Ngaliman. Berdasarkan hasil pemilihan saat itu Ngaliman belum beruntung, karena hanya menempati posisi kedua meskipun dengan selisih yang sebenarnya tidak banyak. Kemudian pada tahun 2021 ini Ngaliman mencalonkan kembali dan akhirnya menjadi calon terpilih dan saat ini telah resmi dilantik menjadi Lurah Wahyuharjo.

Sosok yang memiliki hobi mengaji ini juga pernah menunaikan ibadah haji pada tahun 2011 dengan bantuan dari H. Sudiharjo, MPH. Akan tetapi saat ini Ngaliman tidak mencantumkan gelar haji karena disesuaikan dengan KTP dan KK serta Surat Keputusan Pengangangkatan Lurah oleh Bupati. Selain itu, Ngaliman juga aktif di beberapa organisasi baik organisasi sosial kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan. Organisasi sosial kemasyarakatan yang diikuti oleh Ngaliman antara lain: Usaha Ekonomi Produktif Keluarga Miskin (USEPKM), Bendahara Gapoktan Wahyuharjo, Sekretaris Kelompok Tani Subur Sungapan IV Wahyuharjo, Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (KFDM), dan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). FKDM dan FKUB merupakan organisasi di bawah naungan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kulon Progo. Organisasi keagamaan yang diikuti Ngaliman antara lain: Pengasuh KBIH Muslimat NU Kulon Progo, Pengajian Ahad Pahing Pagi MI Maesan, dan ROIS Suriah NU Lendah.

Setelah menjabat sebagai Lurah Wahyuharjo, harapan Ngaliman Kalurahan Wahyuharjo menjadi lebih makmur dan sejahtera. Ngaliman juga berharap dengan dirinya menjadi Lurah, maka ia dapat mendarmabaktikan dirinya terhadap Kalurahan Wahyuharjo. (ptn)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:693
    Kemarin:400
    Total Pengunjung:477.164
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.220.89.57
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

04 Maret 2019 | 97.008 Kali
Pemerintah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.911 Kali
Profil Wilayah Kalurahan
04 Maret 2019 | 96.794 Kali
Sejarah Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.706 Kali
Maklumat pelayanan PPID Kalurahan Wahyuharjo
08 Juli 2019 | 96.693 Kali
Aduan
08 Juli 2019 | 96.640 Kali
Dasar Hukum PPID Kalurahan
08 Juli 2019 | 96.627 Kali
Daftar Informasi Publik

Statistik SID