Selamat datang di Sistem Informasi Kalurahan Wahyuharjo

Artikel

MUSYAWARAH MUSIM TANAM PADI UNTUK HASIL YANG LEBIH BAIK

23 Desember 2021 09:07:12  Administrator  802 Kali Dibaca  Berita Lokal

Pada Kamis (22/12/2021) Kalurahan Wahyuharjo, Lendah, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta melaksanakan kegiatan musyawarah musim tanam padi periode II tahun 2021/2022. Musyawarah musim tanam padi kali ini membahas permasalahan-permasalahan pada musim tanam padi dan bagaimana solusinya. Permasalahan utama yaitu musim tanam yang selalu mundur mengakibatkan harga panen padi menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut mulai musim tanam periode II tahun 2021/2022 ini dimajukan agar nantinya harga jual hasil panen padi menjadi lebih baik.

Musyawarah musim tanam padi periode II dilaksanakan di Balai Kalurahan Wahyuharjo dan dipimpin oleh Lurah Wahyuharjo. Musyawarah juga dihadiri oleh beberapa unsur antara lain: Pamong, perwakilan Kelompok Tani masing-masing padukuhan, perwakilan Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Perwakilan P3A (Perkumpulan Petani Pemakai Air), dan para pentraktor.

Permasalahan-permasalahan lain yang membuat mundurnya musim tanam padi antara lain: terlambatnya air datang di beberapa bagian sawah yang jauh dari saluran irigasi, kurangnya sosialisasi ke masyarakat, dan beberapa petani seringkali saling menunggu petani lain sebar benih padi. Dengan musyawarah ini permasalahan-permasalahan yang ada tersebut dibahas dan dicarikan solusi bersama-sama.

“Harapannya apabila musim tanam padi bisa maju bareng dengan Kalurahan Bumirejo, nantinya penjualan hasil panen juga bisa lebih tinggi” jelas Ngaliman Lurah Wahyuharjo. Jika dibandingkan dengan harga hasil panen Kalurahan Bumirejo memang selisihnya agak jauh sekitar Rp5.000,00 – Rp10.000,00 per RU.

Setelah musyawarah akhirnya ditemui mufakat bahwa musim tanam padi akan dimajukan. Sawah bagian utara akan dialiri air mulai tanggal 1 Januari 2022 dan waktu sebar benih tanggal 5 – 10 Januari 2022. Sawah bagian selatan akan dialiri air mulai tanggal 10 Januari 2022 dan waktu sebar benih tanggal 15 – 20 Januari 2022. Varietas padi yang disarankan antara lain: mapan, supadi, dan ciherang. Apabila ada petani yang ingin menggunakan varietas selain yang disarankan maka harus lapor terlebih dahulu kepada kelompok tani agar dapat dipantau.

“Kami dari P3A siap untuk membuka aliran air pada jadwal yang telah ditentukan. Kami juga siap mengawal aliran air agar mengalir dengan lancar sampai ke sawah-sawah yang jauh dari saluran irigasi agar musim tanam padi periode II ini dapat maju sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan” ungkap Cokrohandoyo ketua P3A Kalurahan Wahyuharjo.

Pada musyawarah kali ini juga dibentuk Paguyuban Traktor Kalurahan Wahyuharjo. Paguyuban Traktor Kalurahan Wahyuharjo diketuai oleh Maryanto dari Sungapan IV dan didampingi oleh R. Henry Cahyanto dari Sungapan IV. Berdasarkan musyawarah juga disepakati harga traktor untuk musim tanam padi periode II. Harga traktor untuk sawah yang tidak dikombi sebesar Rp2.000,00 per RU. Harga traktor untuk sawah yang dikombi dan dilewati kombi sebesar Rp2.250,00 per RU.

Untuk musim tanam padi periode I tahun 2022/2023 nantinya juga diharapkan bisa maju. Rencananya untuk periode I tahun 2022/2023 sawah mulai dialiri air tanggal 1 Agustus 2022. “Bagi petani yang nanti ingin menanam palawija monggo saja yang penting nanti diusahakan panen sebelum tanggal 1 Agustus 2022 agar musim tanam padi bisa sesuai jadwal tidak mundur lagi” jelas Ngaliman. (ptn)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Kalurahan

Aparatur Kalurahan

Back Next

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Kalurahan


Kantor Desa
Alamat : Padukuhan Bulu RT 002 RW 001 Kalurahan Wahyuharjo
Kalurahan : WAHYUHARJO
Kapanewon : LENDAH
Kabupaten : KULON PROGO
Kodepos : 55663
Telepon : 087838888387
Email : desa.wahyuharjo1@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:307
    Kemarin:758
    Total Pengunjung:488.794
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.138.113.188
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

Statistik SID